3 Resep Berbahan Tahu ala Rumahan

Ibu di rumah pasti tidak asing dengan tahu, tahu sangat bagus bagi tubuh karena terbuat dari kacang kedelai. Tahu juga bagus dikonsumsi untuk anak-anak. Selain bagus untuk tubuh, tahu juga mudah dijumpai di pasar atau super market. Harganya pun terjangkau. Berikut adalag resep berbahan tahu ala rumahan yang bisa menjadi referensi menu masakan kamu.

  1. Bacem tahu

Untuk bahannya kamu siapkan 5 potong tahu ukuran 4×4 cm, 1 ltr air kelapa. Untuk bumbu bacem tahu kamu siapkan 70 g gula merah, 1 sdm asam jawa larutkan 100 ml air panas, air, 2 ruas lengkuas, 1 ruas jahe, 5 lbr daun salam, 5 sdm kecap manis, 1 genggam kulit bawang merah, garam, lada putih, minyak goreng. Untuk bumbu halus bacem tahu kamu siapkan 1 1/2 sdt ketumbar, 7 siung bawang merah, 3 siung bawang putih.

Cara Membuatnya pertama blender bahan bumbu halus dengan sedikit air sampai halus. Masukkan daun salam, lengkuas dan air kelapa ke dalam panci. Kemudian tambahkan gula merah iris, gula pasir, larutan air asam jawa, kecap manis, kulit bawang merah, dan garam, lalu aduk rata. Kemudian masukkan tahu. Masak dengan api kecil hingga air mengering. Setelah air habis, angkat tempe dan tiriskan. Goreng dengan minyak banyak sampai permukaannya kering dan warnanya coklat keemasan dan sedikit terkaramelisasi, kemudian angkat dan sajikan.

  1. Tahu isi

Pertama siapkan tahu sumedang dan potong sebagian ambil isinya, minyak untuk menggoreng. Untuk bahan isiannya siapkan  6 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 1 batang daun bawang, 1 genggam cabai rawit, 2 buah wortel yang diparut korek api, 1 genggam tauge, 1/4 buah kol yang diiris tipis, dan garam secukupnya. Untuk bahan celupnya siapkan 250 gr tepung protein rendah, 1 sdm tepung tapioca, 1 sdm tepung beras, garam, penyedap jamur, gula dan merica secukupnya, air putih secukupnya.

Cara membuatnya pertama kamu tumis bawang sampai harum dan masukkan daun bawang.  Masukkan isian tahu dan sayuran, kemudian tumis sebentar. Masukkan irisan cabai. Tambahkan garam, gula, penyedap jamur dan merica secukupnya, kemudian masak sampai matang. Dan tahu isi pun siap kamu sajikan.

  1. Gulai tahu

Siapkan 350 gr tahu putih yang dipotong-potong dan sudah digoreng, 100 gr kacang panjang yang dipotong-potong, 1 batang sereh yang digeprek, 2 lembar daun salam, Jari lengkuas digeprek. Seduh  5 sdm dengan 600 ml air hanga dan sisihkan, dan minyak untuk menumis. Untuk bumbu halusnya siapkan 5 buah cabai merah, 5 buah cabai rawit merah, 1 ruas jahe, 2 ruas kunyit,  4 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, setengah sdt ketumbar bubuk. Lalu untuk bumbunya siapkan setengah sdm garam,  3/4 sdm gula pasir, dan setengah sdm kaldu jamur bubuk.

Cara membuatnya pertama kamu tumis bumbu halus dan sereh, daun salam dan lengkuas sampai harum. Tuang seduhan dan biarkan mendidih. Masukkan tahu dan aduk rata. Biarkan dimasak beberapa saat, lalu masukkan kacang panjang dan aduk kembali. Kemudian masukkan bumbu dan aduk rata. Lalu cicipi rasanya. Takaran bumbu boleh dikurang tambah sesuai selera. Kemudian biarkan dimasak beberapa saat, usahakan kacang panjang tidak terlalu matang. Kalau sudah pas, matikan api dan pindahkan ke mangkuk.

You might like

About the Author: makka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *