Bacaan dan Keutamaan dari Doa Qunut

Salah satu amalan yang selalu di jaga adalah bacaan doa qunut, amalah yang satu ini adalah amalah yang selalu di lakukan oleh Nabi Muhammad SAW.  Bagi Anda yang belum tahu, doa kunut ini di bagi menjadi 3 yaitu qunut witir di separuh akhir bulan Ramadhan, qunut nazilah dan qunut shubuh.

Hukum bacaan qunut shalat subuh sendiri jadi sunah menurut mazhab Syafi’i dan juga Maliki. Pendapat yang satu ini sesusai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Imam An Nasa’i, Imam Abu Daud, dan Imam Tirmidzi yang berbunyi “Rasulullah SAW senantiasa melakukan qunut pada salat subuh sampai beliau meninggalkan dunia,”

Berikut ini adalah Bacaan Qunut Subuh dan juga Artinya: “Allaahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a’thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit. Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait. Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa ‘alaa aalihii wa  hahbihii wa sallam.

Artinya: “Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan. Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya”

 

Doa qunut ini memiliki keutaan ketita kita rajin membacanya. Menurut Imam Al-Nawawi juga hukum dari membaca doa qunut ini adalah sunah muakkadah, jadi saat Anda meningalkannya hal ini tidak akan membatalkan shalat. Tapi Anda dianjurkan untuk sujud sahwi, ini dia beberapa keutamaan jika Anda rutin membaca bacaan qunut:

  • Mendapatkan Petunjuk

Dengan membaca “Allahummahdinii fii man hadaiit” hal ini bisa bermaknna jika ada seorang hamba yag memohon pertolongan kepada Allah SWT supaya bisa selalu dimudahkan untuk mendapatkan sebuah petunjuk. Sebagai umat yang baik kita harus selalu memohon diarahkan kejalan yang lurus, dengan membaca doa qunut seletah shalah subuh.

  • Memohon Perlindungan

Dalam kalimat Wa’aafinii fii man ‘afaiit” memilii makna yang artinya kita memohon keselamatan dan juga perlindungan. Tuhan akan senang jikaada hamba yang memohon kepadanya.

  • Meningkatkan Rasa Syukur

Keutamaan yang selanjutnya adalah berasal dari kalimat “wabaariklii fiimaa a’thoiit” yang memiliki makna jika Allah SWT ini akan selalu memberikan keberkahan bagi siapapun hambanya yang selalu bersyukur, dengan begitu umatnya ini akan memiliki iman yang tebal dan selalu dipenuhi dengan rasa terimakasih.

  • Terhindar dari Sakit

Keutamaan terakhir dari kalimat “wa’aafini fii man hadaiit”, dengan membaca doa yang satu ini dipercaya bsa memberikan perlindungan dan juga menyelamatkan umat manusia. Alla SWT akan selelu memberikan kesehatan kepada hambanya.

You might like

About the Author: makka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *