Bawang Putih Bisa Jadi Antibakteri Alami, Ini Caranya

Bawang putih menjadi salah satu bumbu yang wajib ada di setiap dapur. Mengingat fungsinya sebagai penyedap makanan serta penambah aroma pada setiap masakan.

Bukan hanya itu saja, bawang putih yang sudah dikenal sejak zaman kuno diketahui juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Simran Saini, Ahli Nutrisi yang berbasis di Delhi dan konsultan penurunan berat badan mengatakan, kandungan sulfur yang tinggi dalam bawang putih memberikannya sifat antibiotik, yang dapat membantu menjaga sistem pencernaan tetap bersih dengan membuang racun.

Selain itu, bawang putih juga membangun kekebalan terhadap flu biasa dan mencegah penyakit jantung dengan membersihkan pembuluh darah yang tersumbat. Bawang putih juga diketahui bagus untuk peremajaan dan  penyembuhan bekas luka kulit dan membuat kulit bercahaya karena menjaga pencernaan tetap dalam kondisi prima.

Lalu apa saja manfaat bawang putih? Berikut ini 7 rangkuman manfaat bawang putih seperti dikutip dari laman food ndtv.

  1. Membersihkan darah

Bawang putih diyakini dapat membersihkan darah dan membuang racun dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat bawang putih ini, konsumsi dua siung bawang putih dengan air hangat setiap pagi setelah bangun tidur. Dan penting juga untuk tetap terhidrasi sepanjang hari.

Jika kalian ingin menurunkan berat badan, peras setengah lemon dalam segelas air tambah 2 siung bawang putih, konsumsi setiap bagun tidur.

  1. Pilek dan Flu

Bawang putih juga diyakini dapat meringankan  pilek dan flu yang membandel. Caranya ambil 2-3 siung bawang putih mentah atau matang sehari atau tambahkan bawang putih dengan madu atau jahe dengan air hangat. Bawang putih bukan hanya meringankan hidung yang tersumbat dan menyembuhkan pilek, tetapi juga membangun kekebalan seseorang dari waktu ke waktu.

Menurut Dr. Shikha Sharma, Ahli Kesehatan dan Kebugaran yang berbasis di Delhi, dan pendiri Nutrihealth mengatakan, salah satu penggunaan bawang putih paling awal adalah oleh mereka yang memakan daging karena diyakini bahwa daging dapat menyebabkan infeksi dan dapat ditangkal oleh bawang putih.

Bukan hanya itu, bawang putih juga lebih umum digunakan oleh para pekerja yang terpapar infeksi dan lingkungan yang ramah terhadap penyakit.

“Bawang putih dapat ditambahkan ke dalam semur panas, kaldu, dan sup untuk melawan sinusitis, pilek, dan flu. Dan bawang putih sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan mentah,” kata dia.

  1. Mencegah penyakit jantung

Mengkonsumsi bawang putih setiap hari membantu menurunkan kadar kolesterol karena sifat anti-oksidan dari Allicin yang terdapat dalam bawang putih.  Selain itu, bawang putih juga sangat bermanfaat untuk mengatur tekanan darah dan kadar gula darah.

Penting untuk diingat bahwa senyawa yang mengandung sulfur Allicin cenderung kehilangan sifat obatnya ketika bawang putih dimasak utuh.  Sangat penting untuk mengkonsumsi bawang putih mentah atau setengah matang untuk mendapatkan manfaatnya.

  1. Anti-bakteri dan anti-parasit

Bawang putih telah digunakan sebagai antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri, jamur, dan parasit selama 7 ribu tahun terakhir.  Studi menunjukkan ekstrak bawang putih encer membantu mengatasi infeksi cacing pita pada anak-anak. Selain itu, menggunakan bawang putih sebagai obat kumur juga diketahui dapat menangkal bakteri di rongga mulut.

  1. Pencegahan kanker

Beberapa penelitian telah menunjukkan hubungan antara konsumsi bawang putih setiap hari dan pencegahan kanker lambung dan kolorektal. Bawang putih dikatakan dapat memperkuat kekebalan tubuh terhadap kanker.

  1. Baik untuk kulit dan rambut

Khasiat bawang putih diketahui dapat melindungi kulit dari efek radikal bebas dan memperlambat penipisan kolagen yang menyebabkan hilangnya elastisitas kulit yang telah menua. Bawang putih juga diketahui dapat membantu meredakan penyakit kulit seperti eksim. Selain itu, bawang putih juga efektif untuk mengobati infeksi jamur seperti gatal dan kurap pada kaki.

Selain itu, bawang putih diketahui juga baik untuk kesehatan rambut. Oleskan ekstrak bawang putih yang telah dihancurkan pada kulit kepala atau pijat kulit kepala dengan minyak yang mengandung bawang putih, diketahui dapat mencegah dan bahkan membalikkan rambut rontok.

You might like

About the Author: Syella

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *