Ini Bedanya Gejala Virus Corona Covid-19 dan Flu Biasa

Siang ini, Presiden Joko Widodo mengumunkan dua warga negara Indonesia (WNI) positif corona. Dua WNI tersebut merupakan wanita berusia 64 tahun dan putrinya berusia 31 tahun yang merupakan warga Depok Jawa Barat.

Diketahui dua WNI tersebut melakukan kontak dengan Warga Negara Jepang yang positif Corona ketika berada di Indonesia sebelum terbang ke Malaysia dan dinyatakan positif corona. Sontak saja kabar ditemukanya pasien positif corona di Indonesia membuat masyarakat khawatir akan penularan virus tersebut. Termasuk gejala atau tanda dari virus ini.

Beberapa gejala wabah ini meliputi menderita flu biasa karena menginfeksi hidung, sinus, atau tenggorokan bagian atas. Namun tidak sedikit dari masyarakat yang akhirnya panik mengingat cuaca saat ini yang menyebabkan beberapa masyarakat mengalami flu.

Lalu bagaimana membedakan bahwa gejala yang dialami memang influenza biasa atau merupakan tanda Anda terjangkit virus Corona? Menurut China Press, ada perbedaan yang jelas antara flu biasa, influenza dan coronavirus baru, yang dijuluki virus Wuhan.

Masa inkubasi untuk virus corona covid-19 rata-rata sekitar tujuh hari tetapi gejalanya dapat muncul kapan saja dari dua hingga tiga hari atau bahkan hingga 12 hari setelah terinfeksi. Berikut adalah beberapa gejala yang harus Anda ketahui:

Pilek biasa

Pilek biasa terjadi ketika Anda terkena infeksi virus pada hidung dan tenggorokan (saluran pernapasan atas) yang biasanya tidak berbahaya.  Anda biasanya akan mengalami pilek atau tersumbat, sakit tenggorokan, batuk, sedikit sakit tubuh atau sakit kepala ringan, bersin dan demam ringan.  Setelah dua atau tiga hari ingus Anda mungkin menjadi lebih kental dan berwarna kuning atau hijau. Pilek biasanya sembuh dalam lima hingga tujuh hari.

Influenza

Influenza menyerang Anda secara tiba-tiba dan berbeda dari flu. Influenza diketahui  lebih berbahaya dan bahkan dapat menyebabkan kematian.  Beberapa gejala dari influenza ini  termasuk demam tinggi hingga 40 ° C, menggigil, batuk, kelelahan, sakit tenggorokan, mual, muntah dan diare, kesulitan bernapas, sakit kepala, mata kering dan ruam.  Jika tidak diobati, situasinya dapat memburuk menjadi pneumonia

Gejala infeksi virus Wuhan termasuk gejala pernapasan umum seperti demam, batuk kering, sesak napas dan kesulitan bernapas. Namun, terkadang tidak ada demam. Pada kasus yang lebih parah, infeksi dapat memburuk menjadi pneumonia, sindrom pernapasan akut yang parah, gagal ginjal dan bahkan kematian.

 

Anda harus waspada terutama jika Anda baru saja kembali dari China atau negara lain yang terinfeksi, atau melakukan kontak dengan siapa saja yang baru-baru ini bepergian ke China.  Pantau kesehatan Anda selama 14 hari untuk melihat apakah gejalanya masih ada dan segera pergi ke rumah sakit jika ada.  Jika tidak, pergilah ke dokter jika Anda tidak yakin karena mereka memiliki tes yang lebih akurat untuk mendiagnosis penyakit Anda.

Pencegahan

Untuk melindungi diri dari virus apapun, pastikan untuk menjaga kebersihan.  Selalu cuci tangan dengan sabun dan air hangat, ingatlah untuk menggosok setidaknya selama 20 detik. Gunakan sanitiser berbasis alkohol jika air tidak tersedia dan tutupi mulut dan hidung Anda ketika batuk atau bersin dengan tisu. Buang tisu itu ke tempat sampah.

Jaga jarak setidaknya enam kaki dari siapa pun yang sakit atau batuk dan selalu memasak makanan Anda dengan saksama.

Para ahli menyarankan bahwa masker bedah lebih efektif dalam mencegah penyebaran virus Wuhan dibandingkan dengan masker N95, menurut laporan Straits Times. Laporan tersebut menyatakan bahwa masker bedah lebih praktis karena membantu untuk memblokir tetesan partikel besar dan memerciki mencapai mulut dan hidung pemakai dan sebaliknya.

Masker N95 sebelumnya digunakan untuk situasi kabut dan ketika dipakai dengan benar, masker seharusnya sulit bagi orang untuk bernapas. Jika Anda bernapas dengan nyaman dalam masker N95, Anda salah memakainya dan tidak ada perlindungan.

You might like

About the Author: Syella

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *