Krisis Jelang Lebaran? Pertahankanlah Bisnismu dengan Tips Berikut

Hampir semua sektor usaha mengalami kendala akibat pandemi Corona. Para pelaku bisnis berjuang sekuat tenaga untuk bertahan dari krisis dengan memanfaatkan peluang yang ada di depan untuk mendekati momentum Idul Fitri atau Idul Fitri. Untuk memanfaatkan momentum Lebaran agar bisnis bisa terus berjalan, teman – teman  sebagai pelaku bisnis perlu beradaptasi dengan perubahan situasi yang terjadi saat ini. Jika perlu, teman – teman  bahkan perlu mengubah strategi bisnis teman – teman, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Komponen bisnis yang selama ini luput dari perhatian seharusnya juga menjadi titik fokus terpenting agar dapat bertahan dalam situasi krisis.

 

Beberapa hal yang perlu teman – teman lakukan untuk menjaga bisnis teman – teman tetap berjalan dalam situasi krisis antara lain mempelajari momentum dan selera pasar, membangun jaringan, serta mengelola hubungan pelanggan, bersaing menganalisis, dan meningkatkan etos kerja.

  1. Pelajarilah Momentum dan Selera Pasar

Untuk tetap bertahan, momentum dan selera pasar perlu diajarkan kembali dalam situasi yang tidak biasa seperti krisis saat ini. Upaya awal dapat dimulai dengan mengumpulkan sumber ide, baik dari perusahaan dalam negeri, dari konsumen maupun dari dinamika persaingan. Kemudian sumber idenya digunakan untuk membuat strategi bisnis baru. Dalam situasi krisis saat ini, diharapkan teman – teman  tidak hanya dapat melayani pelanggan yang sudah ada dan membangun kesuksesan masa lalu, tetapi juga menciptakan strategi baru untuk menjaga kelangsungan bisnis. Terakhir, daya kreatif adalah kunci untuk bertahan hidup. Inovasi yang ditargetkan dapat berasal dari produk, layanan, sistem pemasaran, sistem distribusi, sistem pemasaran, dan aspek bisnis lainnya.

  1. Mengelola Jaringan serta Memanfaatkan Peluang

Untuk menggunakan Idul Fitri, teman – teman perlu mengelola jaringan teman – teman dengan pelanggan dan membangun jaringan baru yang luas. Menciptakan dan mengelola hubungan baik dengan pelanggan sangat penting untuk mendukung kegiatan bisnis, terutama peningkatan penjualan. Meningkatkan hubungan pelanggan dapat dicapai dengan meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan produk atau layanan perusahaan. Hasilnya, konsumen lebih sadar akan apa yang mereka inginkan atau butuhkan akan produk teman – teman. Pendekatan simultan ini juga akan membuat konsumen tetap loyal dan tidak lari kemana-mana. Untuk mendorong jaringan kolaborasi pelanggan, bisnis perlu memanfaatkan teknologi dan meningkatkan fasilitas layanan dalam hal kualitas dan kehidupan layanan tambahan.

Misalnya, pada saat Lebaran atau Idul Fitri, teman – teman dapat meningkatkan keterlibatan konsumen melalui media sosial atau email terkait saran Idul Fitri. Teman – teman juga bisa meminta konsumen untuk memberikan masukan tentang apa yang mereka butuhkan saat Lebaran. Ini juga dapat memberi pengguna sumber daya tambahan atau memperpanjang umur layanannya hingga 24 jam. Ini bisa bermanfaat jika pesaing lain memutuskan untuk berhenti. Selain mempererat  hubungan bersama pelanggan, teman – teman juga sangat disarankan untuk mengelola atau mempererat hubungan dengan mitra bisnis. Dengan cara ini teman – teman  dapat berbicara tentang situasi dan bahkan menemukan solusi dan bantuan untuk masalah ini.

  1. Menganalisa Persaingan

Untuk bertahan dalam situasi krisis, teman – teman perlu memperbarui informasi  tentang pesaing di sekitar teman – teman. Terutama dalam kaitannya dengan profil dan lokasi pesaing, kompetensi pesaing yang paling menonjol, sumber daya keuangan, dan struktur biaya dibandingkan dengan milik teman – teman. Selain itu, teman – teman juga perlu mengetahui strategi pesaing utama dan cara memasarkan produk atau jasanya. Yang tidak kalah penting adalah mengetahui tanggapan pelanggan terhadap deskripsi dan kualitas persaingan, serta layanan yang diberikan pesaing.

Referensi: https://sudutgaji.com/

You might like

About the Author: makka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *