Kumpulan Doa Pernikahan Untuk Pengantin Baru

Jika sebentar lagi kamu hendak menikah, sudah tahukah doa – doa apa saja yang harus kamu siapkan sebelumnya? Pernikahan merupakan momen yang sangat spesial bagi kehidupan semua orang. Selain itu, pernikahan juga merupakan ibadah yang sangat suci dan mulia.

Sebagai umat muslim, tentunya ketika menikah kamu harus mengikuti rukun dan syarat sah nikah didalam ajaran agama Islam. Doa untuk pengantin juga termasuk kedalam amalan yang dianjurkan dalam Islam.

Nah, jika kamu sebentar lagi akan menikah, maka berikut dibawah ini ada kumpulan doa pernikahan yang bisa dilafalkan, mulai dari akad nikah hingga menjelang malam pertama setelah sah menjadi pasangan suami istri nanti.

Berikut kumpulan doa pernikahan untuk pengantin baru yang bisa dilafalkan :

  1. Doa Akad Nikah

Doa untuk pengantin yang akan melangsungkan akad nikah hendaknya dipanjatkan oleh orang – orang yang menghadirinya, termasuk orang tua, keluarga besar, dan juga kerabat – kerabat yang datang. Doa akad nikah boleh dilafalkan dengan berbagai doa, namun isinya harus mengutamakan permintaan kebaikan dan dilandasi dengan niat yang benar.

Bacaan doa akad nikah dari Rasulullah SAW dalam hadis sahih dan diriwayatkan oleh Abu Hurairah :

“Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir.”

Artinya : “Mudah – mudahan Allah memberkahimu, baik dalam suka maupun duka dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan.”

Doa akad nikah diatas merupakan doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada umat Islam agar kedua mempelai senantiasa mendapatkan keberkahan entah dalam keadaan susah maupun senang dan selalu di jalan kebaikan ketika nanti sudah menjalani kehidupan rumah tangga.

Jika kamu hadir sebagai tamu, maka doa diatas juga baik untuk kamu lafalkan ketika ada orang yang kamu kenal sedang melangsungkan pernikahan. Dengan turut mendoakannya, niscaya kamu juga akan memperoleh kebaikan dari doa yang dilafalkan.

  1. Doa Setelah Akad

Setelah melangsungkan akad nikah dan sudah sah menjadi pasangan suami istri, mempelai pria dianjurkan untuk memegang ubun – ubun istrinya sambil membaca doa ini :

“Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaitaha ‘alaih.”

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya.”

  1. Doa Ketika Menyantap Hidangan Di Acara Pernikahan

Ketika akan menyantap hidangan yang disajikan oleh mempelai diacara pernikahannya, hendaknya orang – orang yang hadir, termasuk orang tua, keluarga besar, dan kerabat – kerabat yang hadir memberikan doa kebaikan untuk kedua mempelai.

Bacaan doa ketika akan menyantap hidangan di acara pernikahan adalah sebagai berikut :

“Allahummaghfirlahum warhamhum wabairik lahum fiima razaqtahum.”

Artinya : “Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka, dan berkahilah mereka pada apa – apa yang Engkau karuniakan kepada mereka.”

  1. Doa Sebelum Melakukan Hubungan Intim

Setelah sah menjadi pasangan suami istri dan sebelum melakukan hubungan intim, dianjurkan untuk keduanya membaca doa seperti yang telah diriwayatkan oleh Ibnu Abbas RA dalam HR Bukhari No. 6388 dan Muslim No. 1434.

Bacaannya doannya adalah sebagai berikut :

“Allahumma jannibnaasy syaythoona, wajannibisy syaythoona maa rozaqtanaa.”

Artinya : “Dengan (menyebut) nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami.”

Berdoa sebelum melakukan hubungan intim memiliki beberapa manfaat, salah satunya yaitu akan dilindungi dari pandangan jin. Selain itu, manfaat lain pasangan suami istri yang mengingat Allah SWT ketika hendak berhubungan intim juga yaitu kelak anak yang dilahirkannya akan selalu dilindungi oleh Allah SWT.

You might like

About the Author: makka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *